Kartu SD Kamu Rusak? Begini Cara Cepat Memperbaikinya - BERPOSTING

Kartu SD Kamu Rusak? Begini Cara Cepat Memperbaikinya


Sebenarnya di Era smartphone yang semakin maju ini, Kartu SD sudah tidak banyak lagi digunakan, mengingat banyak smartphone terbaru memilki memori telepon yang sangat besar mulai 64GB sampai dengan 256GB atau bahkan ada yang hamir setengah Terrabyte. Namun tidak sedikit juga pengguna smartphone yang masih nayak menggunakan Kartu memori SD sebagai ekspansi tambahan.


Dengan menambahkan memori tambahan, memungkinkan mereka menyimpan file, foto, dokumen, lagu, dan video lebih banyak. Kartu SD juga bisa bergua jika kamu punya 2 hp yang mendukung micro SD untuk melakukan pindah-pindah file tanpa harus mengirim file.



Meskipun sangat simpel dan portabel, Kartu SD juga rawan akan dengan kerusakan. Itu adalah suatu hal yang sangat buruk, apalagi jika didalamnya ada data yang sanagat penting dan pasti kamu pernah mengalaminya, bukan? Maka dari ituberposting kali ini akan membagikan tips bagaimana cara memperbaiki kartu SD yang rusak/tidak terdeteksi.

Cara memperbaiki kartu SD rusak dan tidak terbaca 


  • Bersihkan kartu memori

Hal pertama yang bisa kamu lakukan jika kartu memori kamu tiba-tiba tidak terdetekksi, jangan berasumsi jika kartu SD kamu rusak, bersihkanlah terlebih dahulu. Cara membersihkannya adalah dengan cara menggosok secara perlahan bagian lempengan tembaga dengan pengahapus pensi yang bersih warna putih. Gosoklah hingga bersih, jangan terlalu ditekan, karena akan berakibat fatal.

Jika sudah selesai kamu bersihkan, coba pasang kembali kartu memori SD ke Slotnya di HP dan sudah terbaca atau belum, jika belum lanjut lakukan langkah kedua berikut ini.

  • Format Kartu SD dari Hp Android

Nah, cara ini kamu coba jika cara pertama tadi tidak berhasil, yaitu dengan memformat kartu memori menggunakan HP Android. Caranya masuk ke menu setting/pengaturan – Storage/Penyimpanan. Setelah itu kamu cari opsi Erase SD card dan klik, dengan melakukan penghapusan SD Card akan membuat memori SD kamu menjadi bersih seperti baru lagi. Nah, jika masih gagal coba cara terakhit berikut ini.

  • Error Checking dari PC/laptop

Cara ini tentu saja kamu membutuhkan sebuah PC/Laptop dan kabel USB untuk menyambungkan HP Andorid ke PC. Hubungkan Android dengan PC, pastikan kamu memilh mode Mass Storage  (MSC) saat sudah terhubung bukan mode MTP. Buka Windows Explore, kemudian klik kanan pada Drive Memori kamu, pilih properties – tools – error checking, lalu tunggu hingga  semua proses selesai. Setelah itu Eject kartu SDnya, dan silahkan cek apakah sudah terbaca atau belum.

Itulah Cara memperbaiki kartu SD yang Error atau tidak bisa terbaca, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel