4 Cara Mengatasi Penyakit Jamur pada Ikan Koi Anda

Cara mengatasi penyakit jamur pada ikan koi - Ada orang yang gemar memelihara hewan tanpa menimbulkan suara mengganggu. Ya, apalagi kalau bukan memelihara ikan-ikan cantik semacam ikan koi. Bahkan, melihatnya berkeliaran di dalam air saja sudah lebih dari cukup untuk menyegarkan pikiran, bukan?

Namun, bagaimana bila ikan koi Anda tiba-tiba berjamur? Tentu saja, kondisi ini akan membuat ikan koi cenderung mudah sakit dan akhirnya mati. Kalau begitu, Anda jadi tak bisa melihat aksi lincahnya lagi di kolam ikan. Oh no! Oleh karena itu, yuk kenali cara mengatasi penyakit jamur pada ikan koi berikut ini:

Tips Pintar Mengobati Ikan Koi Terkena Penyakit Jamur 

Cara mengatasi penyakit jamur pada ikan koi
  • Naikkan suhu beberapa derajat
Umumnya, jamur yang menyerang ikan koi dikenal dengan istilah white spot. Sejumlah bintik putih menyebar ke seluruh permukaan kulitnya. Penyebabnya adalah protozoa Ichchyophthirius multifilis, yakni seekor protozoa kecil yang berbentuk seperti telur dengan diameter sekitar 0,7 mm.

Koi yang terkena bintik putih diobati dengan menaikkan suhu air kolam sampai beberapa derajat dari suhu awal. Kemudian, air kolam ditambah dengan 0,5 gram Metheline blue per 1 ton air. Ini merupakan langkah paling efektif untuk membunuh white spot.
  • Gunakan garam dapur
Tips mengatasi penyakit jamur pada ikan koi juga bisa dilakukan dengan menggunakan garam dapur. Pengobatan ini dilakukan bila jamur tumbuh pada lingkungan berbahan organik. Koi yang terserang jamur ini diobati dengan larutan garam dapur dengan konsentrasi 1,5 sampai 2,5 % melalui penceluoan. Buang bulu halus jamur dengan mengolesnya menggunakan kapas yang diberi obat merah.
  • Gunakan larutan formalin atau Dephterex
Selain jamur, ikan koi juga bisa terserang jenis parasit lain seperti lernaea alias cacing jangkar. Cacing ini bekerja dengan cara menghisap cairan tubuh sehingga badan koi menjadi lemah dan tubuhnya kurus. Bila tak segera diatasi maka koi akan mati.
Oleh karena itu, gunakan larutan dengan formalin atau Dephterex dengan konsentrasi 25 ppm. Madikan ikan dengan larutan ini selama 10 menit dan lakukan pengulangan 2 hingga 3 jali setiap 2 hari sekali.
  • Gunakan larutan aureomycin
Selain kulit, jamur ikan koi umumnya juga menyerang bagian insang. Tak heran bila koi yang terkena penyakit ini menunjukkan gejala nafsu makan berkurang dan malas menggerakkan insang. Solusinya, rendam koi yang sakit ke dalam campuran 0,1 gram Green F pada 10 liter air. Atau, Anda juga bisa memasukkan satu sendok teh aureomycin ke dalam 10 liter air bersih.
Empat cara mengatasi penyakit jamur pada ikan koi tersebut dapat Anda coba sekarang juga. Makin cepat deteksi dan pengobatan yang dilakukan, makin besar pula peluang ikan koi untuk kembali sehat dan bergerak lincah dalam kolam air.


EmoticonEmoticon