Cara Menghilangkan Iklan Yang Muncul Tiba Tiba Di Android

Cara menghilangkan iklan di android - Iklan pada android atau biasa disebut dengan virus / malware kini tidak hanya menyebar luas di perangkat PC namun juga perangkat android. Untuk menghapus virus iklan android yang sangat bandel, dan selalu muncul di layar hp android anda secara tiba-tiba tidaklah mudah. Karena kita harus mencari sumber dari iklan / virus malware tersebut di beberapa folder file manager android kita.

Ada beberapa faktor penyebab munculya iklan di android, antara lain browsing di situs yang tidak aman, mendownload file atau aplikasi yang jenis sumbernya tidak terpercaya dan masih banyak lagi.

Para pembuat virus iklan yang tidak bertanggung jawab sengaja menyisipkan malware tersebut pada situs atau aplikasinya dengan tujuan memperoleh penghasilan dari klik iklan yang membabi buta dan ini sangat merugikan para pengguna android. Selain mengganggu pandangan, iklan tersebut juga dapat membuat hp android kita semakin lemot secara perlahan.




Selain itu, iklan yang muncul terus menerus pada layar android juga dapat mengganggu aktifitas kita pada saat mengoperasikan android yang kita miliki. Dan beberapa jenis iklan tersebut antara lain iklan popup, popunder, iklan melayang dan masih banyak lagi jenisnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, banyak sekali orang yang mencari cara menghilangkan iklan yang muncul di layar android mereka. Dan berbagai metode sudah banyak sekali dilakukan namun tetap gagal dan iklan terus muncul.

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini Berposting akan memberikan solusi bagaimana cara mengatasi / mencegah agar iklan maupun virus malware tidak menginfeksi android yang anda miliki. Yuk simak ulasannya dibawah ini.


Cara terbaru menghilangkan dan mencegah iklan yang tiba-tiba muncul di layar android



Mencari sumber atau akar file virus iklan



Iklan yang tiba-tiba muncul di layar android biasanya terjadi setelah anda membuka layar ponsel yang terkunci. Nah dari situ anda mungkin akan disuguhkan berbagai jenis iklan dari berbagai merk produk sehingga akan menutupi layar android anda. Jika hal tersebut terjadi tentu akan sangat mengganggu aktifitas anda bukan? pasalnya iklan tersebut menutupi sebagian menu yang ingin anda klik.

Iklan atau malware tersebut biasanya didapat ketika anda sedang mendownload aplikasi dari beberapa sumber tidak terpercaya selain Google Playstore, mengapa saya katakan tidak terpercaya? jelas saja, aplikasi tersebut mungkin sudah dimodifikasi atau di repack ulang sedemikian rupa dan ditempeli virus yang menyebabkan hp android anda memunculkan iklan secara terus menerus. Virus tersebut lebih terkenal dengan sebutan Monkey Test dan Time Service.

Nah bagaimana cara menghilangkan dan mencegah hal tersebut agar tidak terjadi? 

  1. Jangan menginstal atau mendownload aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. 
  2. Jika sudah terlanjur mau tidak mau anda harus mencari aplikasi tersebut dan menghapusnya segara dari ponsel android anda. 
  3. Cari aplikasi yang menurut anda mencurigakan melalui manager aplikasi, dan temukan aplikasi yang sudah anda instal dari sumber tidak terpercaya tersebut kemudian menghapusnya. 
  4. Setelah itu, restart ulang ponsel dan lihat hasilnya apakah iklan tadi masih muncul atau tidak. 


Membersihkan malware dengan aplikasi Adware atau aplikasi pembersih malware lainnya 



Selain cara diatas, ada cara lain untuk mengatasi iklan yang muncul pada layar hp android yaitu dengan menginsal aplikasi pemblokir atau pembersih malware. Cara ini sangat efektif sekali , karena aplikasi Adware mampu mendeteksi segala jenis malware yang ada di android anda. Cukup mendownloadnya melalui Playstore dan instal aplikasinya pada hp anda, kemudian buka aplikasinya dan lakukan scaner untuk mendeteksi semua malware yang sudah menempel di android. 



Melakukan format ulang atau factory reset 



Iklan yang membandel dan sukar untuk dihilang pada layar ponsel android biasanya merupakan jenis malware yang sangat berbahaya. Jika dengan menggunakan cara diatas belum juga membuahkan hasil, maka cara selanjutnya anda bisa melakukan format ulang semua data pada ponsel hingga semuanya terhapus. Cara ini juga biasa disebut dengan factory reset, dimana factory reset ini bisa anda lakukan melalu menu pengaturan ponsel atau dalam mode recovery. Namun tidak semua ponsel android memiliki recovery bawaan terutama jika file firmwarenya berektensi ftf seperti Sony Xperia. Dengan melakukan format data maka semua data atau aplikasi yang sudah anda instal di memori internal maka akan terhapus semua, untuk itu sebelum melakukan format ulang harap backup terlebih dahulu data yang anda anggap penting.



Melakukan Flashing atau instalasi ulang operasi sistem



Ok ini, metode ini sebenarnya hampir sama dengan format ulang diatas. Namun bedanya flashing merupakan proses instal ulang pada OS android yang berguna untuk memperbaiki segala kesalahan atau error pada sistem aplikasi tersebut. Jika pada format data hanya data internal saja yang hilang, lain halnya dengan flashing. Flashing akan memformat baik data aplikasi sistem maupun aplikasi yang ada di intenal memori. Dengan melakukan flashing ini, saya jamin hp android anda akan terbebas dari iklan maupun jenis malware yang susah untuk dihapus.


Nah sobat Berposting, itu tadi adalah beberapa cara menghilangkan iklan yang muncul tiba - tiba dilayar hp android anda. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon