Tuesday, June 06, 2017

Cara Memindahkan Aplikasi Android Dari Memori Internal ke SD Card

Cara memindahkan aplikasi android dari memori internal ke sd cardAndroid merupakan ponsel pintar dengan segudang fitur yang di suguhkan, banyak sekali aplikasi atau game yang mampu di instal pada android dengan lancar. 

Untuk menginstal sebuah aplikasi tersebut kita membutuhkan yang namanya memori internal agar aplikasi tersebut bisa di instal dengan sukses. Jika memori internal yang ada pada android anda sangat kecil tentunya itu akan sangat mengganggu dan anda hanya bisa menginstal sedikit aplikasi saja pada ponsel android tersebut, padahal masih banyak sekali aplikasi-aplikasi yang anda butuhkan.

Cara Memindahkan Aplikasi Android Dari Memori Internal ke SD Card

Hal ini sering terjadi pada ponsel-ponsel android yang memiliki spesifikasi low-end, pada hp android kelas low-end biasanya hanya di sediakan ruang penyimpanan yang sangat sedikit yakni hanya 512 mb saja. Bahkan yang lebih parah ada yang 256 mb tentu dengan memori internal yang begitu kecil tidak akan bisa untuk menginstal banyak aplikasi di hp android anda.

Seperti yang kita tahu, aplikasi android memiliki ukuran yang besar dan beragam. Jika hanya mengandal memori internal saja rasanya tidak akan cukup jika ingin menginstal banyak aplikasi. Untuk itu solusi yang paling tepat adalah dengan menggunakan bantuan memori eksternal / SD Card. Dengan memindah aplikasi dari memori internal ke SD card kita bisa menginstal aplikasi sebanyak yang kita inginkan.



Cara cepat dan mudah memindahkan aplikasi android dari memori internal ke sd card


Untuk bisa memindahkan aplikasi yang ada di memori internal ke sd card tanpa root, setidaknya versi android anda minimal harus sudah versi Froyo ke atas. Karena untuk versi yang di bawahnya sepertinya belum support untuk memindahkan aplikasi dari internal ke eksternal.
  • Buka menu pengaturan. 
  • Pilih aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang akan di pindah ke eksternal / sd card. 
  • Kemudian anda klik pada bagian move to sd card.
  • Selesai.

O iya ada yang lupa, untuk sebagian aplikasi mungkin ada yang tidak bisa anda pindahkan dari internal meskipun versi android anda sudah Froyo keatas. Hal ini dikarenakan ada sebagian aplikasi yang masih menggunakan API lama, ini dilakukan oleh para pengembang aplikasi untuk tujuan kompabilitas sehingga mengharuskan untuk di instal pada memori internal perangkat android anda.

Untuk mengatasi hal diatas saya akan memberikan solusinya, namun untuk melakukan cara ini hal yang harus anda lakukan adalah melakukan root terlebih dahulu pada ponsel android anda. Untuk cara root android anda bisa mencari tutornya di Google sesuai dengan tipe hp android anda.
  • Yang harus anda siapkan adalah, android yang sudah dalam kondisi root.
  • Download aplikasi link2SD.
  • Partisi Sd card anda terlebih dahulu sebelum eksekusi dengan menggunakan PC / komputer.
  • Jika semua persiapan sudah selesai, kita lanjut ketahap eksekusi.
  • Buka aplikasi link2SD nya ,jika ada notifikasi superuser anda pilih allow / grant.
  • Pada saat pertamakali anda membuka aplikasi link2sd nanti akan muncul sebuah notifikasi untuk memilih file sistem pada partisi kedua dari sd card yang sebelumnya tadi sudah anda partisi lewat PC yaitu ext2, ext3, ext4, FAT16/32. 
  • Kemudian anda pilih sesuai dengan jenis partisi yang sudah anda gunakan sebelumnya di PC. Jika ada notifikasi restart silahkan reboot android anda.
  • Setelah proses reboot selesai silahkan anda masuk ke aplikasi link2sd lagi.
  • Sortir pada menu aplikasi yang terinstal di internal saja, jangan pilih yang terinstal di sistem. Jika anda memindah aplikasi yang ada di sistem kemungkinan akan terjadi crash, bahkan hal terburuknya bisa menyebabkan android anda bootloop.
  • Kemudian pilih aplikasi yang akan anda pindahkan ke sd card dengan menandainya atau bisa menggunakan fitur multi select pada aplikasi link2sd tersebut.
  • Jika sudah terpilih semua tekan tombol menu pilihan pada android, dan pilih creat link. Disitu kan ada tiga pilihan yang harus anda centang, dan pastikan anda centang semuanya.
  • Setelah itu klik ok dan tunggu hingga proses selesai.
  • Nah sekarang coba anda lihat di pengaturan, memori internal anda akan terlihat lega sekarang. Karena aplikasi yang sudah anda tandai tadi sudah pindah ke memori eksternal / sd card.


Bagaimana sobat ??? Cukup mudah kan cara memindahkan aplikasi android dari memori internal ke sd card??? Jika ada yang sobat belum paham silahkan anda tinggalkan pesan melalui kontak e-mail yang sudah saya sediakan di Blog ini.




Demikian artikel pada kesempatan kali ini, semoga cara memindahkan aplikasi android dari memori internal ke sd card diatas bisa memberikan solusi untuk anda yang ingin menginstal banyak aplikasi pada hp android yang anda miliki. Sekian dan terimakasih.