Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Rontok pada Kucing Berikut

Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kucing - Memiliki peliharaan seekor kucing yang sangat lucu dan menggemaskan tentunya akan membuar hari-hari Anda makin menyenangkan. Namun, apa jadinya jika kucing Anda yang menggemaskan tersebut mengalami masalah bulu rontok. Pastinya Anda akan sangat terganggu ya. Apa ya sebenarnya penyebab dari bulu rontok dan bagaimana cara mengatasinya? Simak informasi yang kami berikan berikut ini:

Penyebab bulu kucing rontok pada kucing kesayangan

  • Kekurangan nutrisi
Makanan kucing komersial yang dijual dengan harga yang murah tentu saja memiliki vitamin dan nutrisi yang rendah. Jika tidak diselingi dengan makanan yang bernutrisi tinggi, rambut rontok bisa jadi salah satu dampak negatifnya. Jika terus menerus dibiarkan, rambut kucing Anda akan rontok dan bisa menimbulkan kebotakan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kucing
  • Tumbuhnya kutu, tungau, ataupun juga jamur
Kondisi kandang yang tidak bersih ini bisa menyebabkan munculnya kutu, tungau, dan juga jamur pada kucing. Jika hal-hal ini dibiarkan dan kucing terus menerus menggaruk tubuhnya, bulu kucing bisa rontok dengan parahnya. Selain bisa membuat bulu rontok, memiliki kutu, tugau, dan jamur yang banyak bisa menimbulkan alergi.
  • Stress
Tidak hanya kondisi fisik saja yang menyebabkan rontokny bulu pada kucing, kondisi mentalnya juga. Kondisi mental seperti halnya stress yang disebabkan oleh berbagai macam hal, contohnya kondisi kandang, kebersihan tubuh, bahkan juga makananya. Kondisi mental yang tidak stabil ini akan mempengaruhi hormon yang terdapat di dalamnya dan bisa menyebabkan kerontokan yang parah pada bulu kucing.

Cara mengatasi bulu kucing rontok pada kucing kesayangan

  • Ganti makanan
Ketika mengetahui penyebab bulu rontok pada kucing kesayangan Anda adalah kekurangan nutrisi, segera gantilah jenis makananya. Atau kalau tidak mengganti jenis makanannya, berilah vitamin dan gizi yang berbeda selain itu kombinasikan dengan protein yang tinggi. Ini semua dilakukan untuk membuat nutrisi kucing kesayangan Anda jadi seimbang dan sehat dan bulunya jadi tidak rontok lagi.
  • Lakukan perawatan yang tepat
Agar tidak muncul tungau, kutu, ataupun juga jamur, lakukanlah perawatan yang tepat. Lakukan perawatan yang tepat ini contohnya saja dengan memandikannya secara teratur, memberikan jenis shampo yang cocok, dan juga lakukan penyisiran bulu dengan hati-hati. Lakukan pencegahan bulu rontok ini dengan melakukan perawatan yang tepat.
  • Ajaklah kucing bermain
Untuk menghindarkan dan mengatasi kucing yang stress lakuaknlah pemeriksaan pada dokter hewan. Setelah itu, rutinlah mengajak kucing untuk bermain dan sesekali ajaklah jalan-jalan bersama. Seperti halnya manusia yang butuh udara segar dan refresing, kucing juga.
Baiklah, dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi bulu rontok pada kucing tersebut, Anda setidaknya bisa secara tanggap menangani bulu rontok pada kucing.


EmoticonEmoticon